Jumat, 15 Januari 2010

coba2 bikin cerpend

Lelahnya kaki ini tak membuatku menyerah memilih baju-baju yang menggantung disekelilingku, itulah pekerjaanku setiap sepulang sekolah bahkan aku rela mengorbankan jam sekolahku hanya untuk mencari model baju terbaru yang bisa ku pamerkan nanti pada teman-temanku.”wah kayanya ini asyik nih, yukensi pink ama rok mini putih pink”pikirku dalam hati.tak lama ku berfikir aku langsung mengambil sepasang baju itu dan membawanya ke kasir.”ah…….lega nih hari ini aku dah dapet tiga pasang lumayan juga buat tambahan ke pesta valentine lusa”setelah itu aku keluar dari mal tapi kayanya ini terlalu siang untuk pulang kerumah,akhirnya aku memilih pulang kerumah rani,dia teman baikku biasanya dia yang suka rajin nemenin aku buat keliling-keliling mal. sampe juga aku di depan rumah rani”ran…..rani”eh dia muncul”a o rani sayang pakabar nih?gw dari tadi keliling-keliling sendirian,bt juga ya gw ga da loe”wah kayanya muka rani senang banget ngliat aku bawaan yang aku bawa. kayanya dia dah tau duluan kalo aku bawa sepasang baju buat dia.”a o juga amel sayang,sorry deh gw g bisa nemenin abisnya gak enak badan nih gw,masuk yuk!!”disana aku ma rani ngobrol ngaler ngidul sampe-sampe aku lupa waktu,aku lupa kalo jam 9 papa pulang dari mesir,trus sekarang dah jam 9 lewat,sepertinya aku harus siapin telinga buat dengar ocehan orang rumah.”
Wah rumah keliatan sepi, kayanya malem ini gak akan terjadi perang kecil lagi.perlahan aku masuk dan emang benar keadaan benar-benar sepi dan setelah itu aku bebas masuk kamar dan tertidur lelap menunggu datangnya esok.
Pagi banget sekitar jam 5 pagi aku dah dibangunin mama,katanya papa kangen terus ada yang mau beliau omongin.wah ngomongin apaan yah?ah paling juga about pelajaran ku disekolah dan seperti biasa aku jawab”papa anakmu ini pasti gak akan ngecewain papa”ah gak ada yang perlu ditakutin.aku melangkahkan kaki dan turun kebawah buat nemuin papa ku tercinta.
“Pagi pah?”aku menyapa dengan sapaan yang lembut banget”sobahannur amel,kaifa haluki?”wah aku paling benci bahasa yang papa pake bahasa yang rumit dan emang aku g ngerti-ngerti walau papa pernah ngasih les beberapa kali tapi ya gini deh dengan otak yang cukup pas-pasan sepertinya aku gak bisa masukin ke otakku.”bikhoir abi.”tiba-tiba bunda datang,sambil membawa dua gelas susu untuk ku dan untuk papah.”rupanya anak papa belum bisa juga ya,ya udah gak apa-apa,yang penting sekarang papa mau nyuruh amel buat siap-siap ikut papa dan bunda.ganti baju terus jam 6 pas kita dah ada di parkir ok!”aku sedikit kaget tapi gak papa deh senang juga sih mau diajak jalan-jalan he he he.
“pah kita mau kemana sih pah?kok jalannya jauh banget gak seperti jalan biasanya” aku cerewet banget ya padahal papa dan mama tidak pernah menjawab ocehanku dari tadi. mereka keliatan asyik ma pikiran mereka masing-masing dan aku dari tadi hanya merhatiin jalan yang memang keliatan asing bagiku.tapi ah gak papa deh mungkin papa dan mama mau membawaku ke luar negeri he.he.he.
“ayo kita turun dah nyampe nih, ayo amel turun sambil sekalian turunin barang-barang kamu. terus simpan di teras depan itu”. papa kok tiba-tba bersikap seperti itu sih gak biasanya tapi aku tetap tak berani bertanya ada dimana aku ini.”sayang, cepat angkat barang-barangmu terus ikutin tuh ibu yang pake baju merah nah sesudah itu kamu kembali lagi kesini ya, papa sama mama mau ngomong ma kamu”>ih batinku terus dibuat penasaran ma mereka.”iya mah, ntar amel balik ya”akupun mengikuti ibu yang ditunjuk oleh mama, dia membawaku ke sebuah kamar tapi kamar ini gak seperti hotel atau vila kamar ini lebih seperti gudang belaikang rumahku, menjijikan juga sih tapi aku tak akin kalo papa melihat kamarnya seperti ini dia pasti akan mem,batalkan kontrak kamar ini ah aku semakin tak mengerti tapi aku tetap harus menunngu sampai semua ini berakhir agar aku dapat mendapat jawabannya. aku harus kembali ke teras depan dan mudah-mudahan rasa penasaranku bisa terobati dengan segera, kulihat mereka sedang berbincang dengan seorang bapak setengah baya dan ketika mereka melihatku mereka langsung melambaikan tangan dan menyuruhka cepat menghampiri mereka. aku pun berlari kecil dn duduk di samping mama” iya ma, aku dah selesai naro barang-barangny6a, kok mama milih penginapan sejelek ini sih mah?”tanyaku meluapkan semua rasa penasaranku.”sayang jangan kaya gitu dong mama sama papa mau bicara, tapi amel gak boleh bersikap yang mama dan papa gak suka ya?”keliatannya seperti mengejutkan tak biasanya mama seserius ini “iya ma,pa ada apa sih ngomong aja gak biasanya mama sama papa bersikap seperti ini”aku deg-degan juga sih tapi aku gak tau apa yang ngebuat aku deg-degan” amel,papa sama mama pengen kamu bisa hidup mandiri jadi untuk dua tahun ini papa sama mama pengen kamu tinggal disini nerusin sekolah disini terus ngaji disini,kamu setuju kan?” ucapan papa membuatku terasa di sambar petir dan jiwaku melayang entah kemana aku akan dibuang mereka dan aku akan meninggalkan teman-temanku dan hal itu yang aku benci, tapi aku tau aku tak pernah bisa melanggar apa yang papa perintahkan aku hanya bisa pergi meninggalkan mereka “aku tau aku tak pernah punya hak bicara dan berpendapat didepan papa” sambil berlari kembali ke kamar kumuh itu aku melontarka kata-kata itu dan kata-kata itu cukup mem,buatku puas.””sayang, amel sayang sini dengerin dulu mama”mama berlari menyusulku dan beliau berhasil menemukanku di sudut ruang kama”sayang semua ini terbaik buat kamu dan buat masa depanmu” mama membujukku dan menenangkanku dan itu cukup membuatku tenang dan akhirnya aku dapat menerima keputusanku dan aku harus sudah siap meninggalkan dunia lamaku itu yang mama bilang.mama dan papa pamit pulang walaupun papa tau aku tak menyapanya karena kekesalanku tapi beliau tetap tak merubah keputusannya.
Aku masih terdiam disudut kamar tak sanggup menerima apa yang telah terjadi. ah aku penat dengan semua ini.sepertinya aku harus mandi dan membenahi diri agar aku tak terlihat seperti orang prustasi seperti ini.
Sehabis selesai mandi, aku langsung terdiam kembali di dudut kamar. karena aku belum bisa menerima semua kenyataan ini. Sekilas aku berkata kepada diriku sendiri, kenapa papa dan mama tega membawaku ke tempat seperti ini.Namun sekilas juga aku berpikir, mungkin Karena papa dan mama sayang ma aku, dan mereka ingin anaknya bisa menjadi yang terbaik dan bisa berubah gak seperti dulu lagi. namun sedikit demi sedikit, akhirnya aku disa menjalani semua kenyataan ini. meskipun agak sulit
Sore harinya aku keluar dari kamar tuk jalan-jalan mengelilingi sekitar halaman rumah yang aku tempati. terlihat jelas di mataku, begitu indahnya suasana disini. Namun aku tetap belum bisa menerima semua kenyataan ini.tak lama kemudian, ketika aku jalan-jalan mengelilingi sekitar rumah yang aku tempati, aku bertemu dengan salah seorang yang tinggal disini juga. “hai…kamu anak baru ya? “bukan tuh, mangnya kenapa?da yang aneh dengan aku? “enggak,,Cuma aku baru liat kamu disini. “ooh gitu!! “oiya nama kamu siapa?”aku amel.”aku Fitri.”kamu dah lama ya Fit tinggal disini?” aku tinggal disini hamper 3 tahun.”busyet …betah amat kamu tinggal disini? “ya begitulah kira-kira. mangnya kenapa mel? “enggak, Cuma aku aneh aja.ko ada ya orang yang betah tinggal di tempat yang kumuh, jelek kaya gini? “maaf, memang benar tempat ini seperti yang kamu katakana barusan.tapi bukan itu yang aku cari disini. “lalu apa? “aku tinggal disini tidak lain hanya untuk mencari ilmu. “ilmu?apaan tuh ilmu? “sulit tuk aku jelaskan, tapi nanti juga kamu akan mengerti dan akan merasakannya sendiri. kemudian dia langsung pergi setelah ngomong yang bener-bener aku tidak mengerti. Ketika itu aku terdiam sejenak setelah dia ngomong seperti itu. aku berpikir, emang aku bakal merasakan apa? apa jangan-jangan aku juga bakal kaya dia tinggal disini sampai bertahun-tahunan.”ih amit-amit deh ,gak mau aku tinggal disini selama itu.mendingan aku tinggal di pantai daripada harus tinggal di tempat kaya gini. “ah masa bodo emangnya gue pikirin..
Tak terasa 2 jam sudah aku jalan-jalan mengelilingi suasana disini dan adzan maghrib pun berkumandang. akhirnya akupun pulang dan langsung masuk ke dalam kamar. Namun ketika aku mau masuk ke dalam kamar, aku mendengar ada orang yang lagi mengaji. “ih kayanya ada orang yang lagi mengaji deh.dari sebelah mana ya suara itu? tapi kaya deket banget dengan kamarku. akupun melihat ada pintu yang terbuka, pas aku lihat, ternyata orang yang sedang ngaji itu Fitri., yang tadi sore ngobrol ama aku. “ketika itu aku merasa heran, ko dia bisa baca Alqur’an ya? sesudah itu, aku langsung bergegas masuk ke kamarku. dalam kamar, aku terdiam dan termenung seorang diri. namunpada saat itu, aku teringat akan papa danmama. “sedang apa ya papa dan mama sekarang? aku bener-bener sedih gak ada di samping mereka. Padahal dari dulu pun aku selalu ada di samping mereka. Baru kali aja ini aku jauh dari papa dan mama. aku rindu pada mereka, aku ingin ada dekat mereka lagi, aku gak mau jauh dari mereka. papa mama, apa kalian juga merindukanku?
Tak terasa jam pun sudah menunjukan jam 11 malam. akupun langsung tidur. Namun ketika aku lagi pulas-pulasnya tidur, aku bermimpi bertemu dengan orang-oarang yang memakai baju warna putih. dalam mimpi itu, dia sempat ngomong ama aku dan menasehatiku. “hai amel…kamu harus ingat, kamu ditingalkan oleh orang tuamu disini, tak lain agar kamu berubah dan bisa menjalankan segala perintahnya. dan tak lama kemudian akupun terbangun dari mimpiku itu. Aku sungguh tidak mengerti apa arti dari mimpiku itu..
Besok paginya aku mulai masuk di sekolah ku yang baru. “ih..sekolahnya ko kaya gini sih beda banget ma di sekolah ku yang kemarin. Mana cewek nya pada pake jilbab semua lagi. ogah deh kalau aku harus kaya mereka. Rambut ku kan indah, masa harus di tutup pake jilbab segala sih.Aku pun langsung masuk ke dalam kelas, Namun pada sasat aku mau duduk, aku disuruh memperkenalakan diri dulu di depan kelas. ”Hai semuanya, aku amel, aku pindahan dari SMAN 2 Jakarta. Setelah itu, aku langsung duduk di meja paling belakang..
Lonceng sekolah pun berbunyi,.tandanya waktu istirahat tiba. Aku pun langsung keluar dan menuju ke halaman depan sekolah. Pas aku lagi jalan, ada salah seorang teman menyapaku. “hai mel ko sendirian aja? “iya..”aku Doni. Oiya mel gimana, kamu dah merasa betah di sekolah baru kamu ini. “ya lumayan lah, oiya mel kamu kan dah cantik, tapi kamu pasti lebih cantik deh kalau kamu pake jilbab. “masa sih.”iya mel aku gak bohong. “Ya uadah, aku ke ruangan guru dulu ya mel. “ya.
Jam istiraht sudah menunjukan jam 10.30, itu tandanya waktu istirahat telah habis. Aku langsung masuk ke kelas. Di kelas, aku terus memikirkan omongan Doni. “ah masa iya sih aku pasti bakalan lebih kalau aku pake jilbab. pasti dia bohong deh.
Ketika pulang sekolah, aku mampir dulu ke Toko tulang kerudung, disana aku beli 5 kerudung Sehabis itu aku langsung pulang dan masuk ke dalam kamar. Aku pun langsung membaringkan tubuhku di tempat tidur. “duh cape banget sih hari ini. mana ke sekolah jalan kaki lagi tiap hari. waktu sekolah di Jakarta tiap hari kan aku di antar jemput pake mobil.
Tak terasa jam sudah menunjukan jam 5 sore. Aku langsung bangun dari tidurku dan menuju ke kamar mandi tuk berwudhu dan melaksanakan shalat ashar. sehabis selesai shalat aku langsung membereskan tempat tidurku. menjelang sore, aku jalan-jalan dulu sebentar mengelilingi komplek yang ada di situ. dan setelah itu, aku langsung kembali lagi masuk kamar. Namun ketika itu, pikiran ku mulai ingat ma orang tuaku. “duh gue kangen nih ama Papa dan mama. mereka juga kangen gak sih ma gue. ko selama gue tinggal disini, papa sama mama belum pernah ngehubungi gue sih, pa mereka gak kangen gitu ma gue/
Jam menunjukan jam 7 pagi, aku pun langsung menuju kamar mandi. selesai mandi, aku langsung memberskan buku-buku ke dalam tas. Namun ketika itu, aku juga merapihkan dulu pakaian seragam sekolah ku.
dilanjut nanti akh………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar